ternyata ada untungnya gw sempet bersinggah ke berbagai kota di indonesia…gw jadi tau banyakhal yang membedakan satu dengan yang lain.. budaya tiap tempat berbeda, perilaku bermasyarakat berbeda, makanan juga ada yang berbeda..pokoknya sedikit banyak tidak ada yang sama antar satu daerah…
nah kali ini gw pengen cerita tentang 1 benda yang sebenarnya mungkin orang2 banyak gak tau, klo ni benda di tiap tempat berbeda karakteristik..
nah benda yang pengen gw bahas adalah ANGKOT… kenapa angkot??ya karena di tiap tempat yang gw kunjungi karakteristik angkot ditiap kota tuh beda2..hehehe..untuk mempersempit bahasan gw akan menceritakan angkot2 di t4 yang lumayan lama gw tinggal yaitu: jakarta, bandung, menado, ma kudus…
sebenarnya jakarta ma bandung mirip kok dari segi mobil yang digunakan, pengaturan posisi tempat duduk(hadap2an, dengkul ketemu dengkul)..yang membedakan adalah klo di jakarta pantat baru mo nyari target buat didudukin, eh udeh jalan aje..yah klo yang masih baru naik angkot di jakarta bisa2 nyungsep (kaya gw..) hahaha…trus supirnya ugal2an..kadang2 klo lo di tengah jalan minta diturunin, beneran diturunin di tengah2 jalan…hahaha..
klo angkot bandung masih sopan bung klo naikin orang nunggu dulu ampe bener2 duduk baru jalan..trus klo minta diturunin dia akan berjuang keras menurunkan kita dipinggir jalan.., ada yang aneh untuk angot2 bandung, supir2 untuk trayek tertentu dikuasai oleh orang batak yang hebatnya bisa berbahasa sunda meskipun jadi aneh karena logat bataknya masih berasa..hahahah..
nah klo kudus pangaturan tempatnya sih sama aja kaya angkot bandung dan jakarta, jenis mobilnya juga sama tapi disini carry semua..nah klo angkot kudus tuh “padat karya”,klo dipertanian padat karya kan peningkatan jumlah produksi dengan memanfaatkan secara optimal lahan. nah klo di kudus “padat Karya” ini diterapkan di angkot2, dengan memanfaatkan seoptimal mungkin ruang dalam angkot…
nah pemanfaatan ruang ini dengan penambahan kursi2 tambahan di tengah2 angkot…jadi ntu orang duduk diantara 2 kursi yang berhadapan. kapasitasnya cukup guat duduk 3 orang. trus ditambahain lagi kursi dibelakang supir yang ngadepnya ke jendela blakang cukup buat 1orang..diambah lagi 1 kursi di pintu masuk yang cukup buat 2 orang…hahaha..(padet bukan?!)
jadi gw pernah naik angkot yang super penuh dengan rincian sbg brikut: 4orang disisi sebelah pintu masuk, 7 orang disisi blakang supir, 2 orang dikursi blakang supir yang ngadep jendela blakang, 3orang di kursi tengah jalan, 2 orang di depan pintu masuk, dan 2 orang samping supir plus supirnya 1, jadi totalnya 21orang..hahahaha..dibandung aje gw naik paling pol cm 18 orang..nah skrg bayangin aja 21 orang yang naik..hahahaha..udeh berasa kayak teri….
yang terakhir angkot menado..nah ini nih paling beda..duduknya 3 baris tempat duduk menghadap ke depan… di baris depan isinya 2 orang paling pol 3, trus di tengah 3 paling pol 4 (nambah kursi papan), baris terakhir 4 orang…nah ini matep abis dah angkotnya ful musik ma ful cahaya…hahahaha….
bayangin aje, biarpun angkot tapi sound sistemnya keren2 gila…playernya aja kebanyakan pake CD, udeh kaga jaman pake tape, dengan sound kaya orang gila2, dan lagu ajep2 yang bassnya bikin mandul dan sakit jantung.haha…klo di tepat2 lain lomba sund sistem paling cuma untuk mobil2 pribadi yang soundnya udeh ditambahin, tapi klo dimenado angkot ade mata lombanya sendiri..hahaha..pernah gw naik angkot yang kusi blakangnya diganti ama sound monitor, trus dipasanglah lagu ajep2 dan bassnya dikerasin, jantung gw udeh kaya apaan aje..parahlah…trus full cahaya, soalnya kadang2 diangkot lampu yang dipasang warna warni…udeh bukan kuning lagi..bahkan ada yang masang lampu disko..hahaha…pas turun mata kriyep2, gara2 lampunya ajep2…intinya angkot di menado, biarpun angkot tapi uptodate..
yah bgitulah keadaan angkot di beberapa kota yang gw amati…mungkin ada yang lebih seru??..sadar ato gak lama2 angkot sudah jadi bagian kehidupan dari banyak orang, terutama yang gak punya kendaraan pribadi..tapi sayangnya pelayanan angkot itu sendiri masih sangt kurang, ugal2an lah, mobilnya parah, macem2 deh..pokonya masih suka bikin gak nyaman.
semoga saja nantinya angkot2 di indonesia akan menjadi lebih baik..hidup angkot!!!…
nb:
sebenernya gw nulis ni artikel gara2 abis naik angkot di kudus yang padet karya…hehe
Tinggalkan komentar